OSI Layer - Melek Teknologi Bro

OSI Layer

Assalamualaikum Wr.Wb.


 

A. Pendahuluan
Hari ini adalah hari ke 10 saya PKL di BLC Telkom Klaten, pada hari ini kami memahami arti dari OSI layer
B. Pengertian
Layer OSI adalah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh Badan International Organization of Standardization (ISO) di wilayah Eropa pada tahun 1977. OSI nama kependekan dari nama aslinya yaitu Open System Interconnection.

C. Tujuan
Mengetahui tentang fungsi layer-layer pada OSI



D. Alat dan Bahan
- Laptop
- Akses Internet


E. Waktu
08.00 - 16.00 WIB


F. Pembahasan
Layer layer pada OSI
Layer OSI adalah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh Badan International Organization of Standardization (ISO) di wilayah Eropa pada tahun 1977. OSI nama kependekan dari nama aslinya yaitu Open System Interconnection. Model OSI biasa disebut dengan model "Model Tujuh Lapis OSI" 
-Application layer
Application layer adalah layer yang berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah : HTTP, FTP, SMTP, dan NFS

-Presentation Layer
Layer ini berfungsi memastikan apakah informasi nanti bisa dibaca pada Application Layer dengan format dan penataan struktur data. Contoh proses pada layer ini : " Sebagian besar komputer anda menggunakan tabel ASCII untuk karakter, jika komputer lawan menggunakan tabel yang berbeda, misal EBCDIC, maka layer ini perlu memformat ulang data sehingga komputer anda dan lawan anda memiliki tabel karakter yang sama.
-Session Layer
Layer ini mengatur Establishing, Managing, and Terminating (Kelancaran, mengelolan, dan Memutuskan) session antar host.
Protocol yang ada di dalamnya :NETBIOS, NETBEUI, ADSP

-Transport Layer
Layer ini mengurus pengiriman data (transport). Sebagai contoh: Ketika kita melakukan download, dari link yang kita download, maka otomatis link tersebut akan mengirimkan segmen dan transport ke komputer kita. Sehingga file yang kita download ditransport dari link host tersebut ke komputer kita.
Protocol yang ada di dalamnya : UDP
-Network Layer
Layer ini menangani masalah yang berhubungan dengan konektivitas dan seleksi jalur (routing). Disinilah alamat IP (IPv4 dan IPv6) aktif. Setiap perangkat/device membutuhkan alamat untuk terhubung melalui jaringan.
Protocol yang ada di dalamnya : IP, IPX
-Data Link Layer
Layer ini dimana Ethernet hidup, layer ini memastikan data diformat secara benar dan mendeteksi kesalahan-kesalahan serta membuat data benar disampaikan dengan baik. MAC Address dan Ethernet Frame berada di layer ini.
Protocol yang ada di dalamnya : Token Bus
-Physical Layer
Layer ini mendeskripsikan hal-hal seperti tegangan, waktu, data rate fisik, konektor fisik, dsb. Intinya di layer ini adalah segala sesuatu yang bisa anda sentuh (fisik).
Protocol yang ada di dalamnya : Repeater, Hub, dan NIC


G. Kesimpulan
OSI Layer merupakan sebuah proses pengiriman data yang nantinya akan diterapkan di TCP/IP.

H. Referensi 



I. Penutup
Cukup sekian yang dapat saya sampaikan, maaf jika masih banyak kesalahan terimakasih dan sampai jumpa esok :v


Wassalamuallaikum Wr.Wb.


Belum ada Komentar untuk "OSI Layer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel