TCP/IP Models (Darpa) - Melek Teknologi Bro

TCP/IP Models (Darpa)

Assalamualaikum wr.wb

a. Pendahuluan
    Hai sobat, jumpa lagi di blog saya Hestikawati jangan bosen-bosen untuk membacanya ya... Pada kali ini saya akan mencoret-coret tentang TCP/IP, tidak usah lama-lama langsung saja scrol kebawah ye.

b. Latar Belakang
    TCP/IP ini dikembangkan oleh ARPANET yang mengarah ke Internet. Jadi TCP/IP ini merupakan penerapan dari OSI Layer 7, bedanya di TCP/IP ini hanya ada 4 layer sedangkan di OSI ada 7 Layer.

c. Tujuan
    Untuk mengetahui cara kerja TCP/IP.

d. Alat dan Bahan
    Leptop

e. Waktu Magang
    Jam 08-00 sampai jam 16.00 WIB.

f. Pembahasan
   TCP/IP ini sama halnya dengan OSI Layer, yaitu sebuah standar yang mengatur komunikasi data sebuah komputer, bedanya dengan OSI Layer di TCP/IP ini hanya ada 4 Layer. TCP/IP adalah model jaringan yang digunakan untuk komunikasi data dalam proses tukar enukar informasi paket data di internet. TCP/IP ini menggunakan model dari DARPA. Jadi TCP/IP ini lebih mengarah ke Internet. Berikut penjelasan tiap lapisan TCP/IP :

1. Layer 4 ( Application )
    Pada Layer ini bertanggung jawab untuk menyediakan akses/service kepada aplikasi layanan jaringan TCP/IP. Protocol yang beroperasi pada layer ini seperti HTTP,FTP,POP3,SMTP,DHCP,dll.

2. Layer 3 ( Transport )
    Pada Lapisan ini berfungsi untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Lapisan ini sma halnya dengan Layer Transport di OSI layer yang berhubungan dengan TCP/UDP.

3. Layer 2 ( Network )
    Pada lapisan ini, bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protocol yang berjalan di lapisan ini adalah IP,ARP,ICMP,IGMP.

4. Layer 1 ( Network Interface )
    Pada lapisan ini, bertanggung jawab untuk meletakan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan.

TCP/IP ini, dikembangkan oleh ARPANET yang membuat internet. Jadi TCP/IP ini lebih mengarah ke internet. TCP/IP ini terdiri dari 4 lapis/layer yaitu Application,Transport,Network,Network Interface.


g. Kesimpulan
    Jadi TCP/IP ini dikembangkan oleh ARPANET dan model TCP/IP ini merupakan Penerapan dari OSI Layer.

h. Referensi
    -

i. Penutup
   Mungkin cukup sekian dulu yang dapat saya tulis di blog, maaf jika masih banyak kesalahan dan kekliruan saat penulisan maupun penjelasan. Sampai jumpa besok.

Wassalamuallaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "TCP/IP Models (Darpa)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel