Blok situs menggunakan Web Proxy - Melek Teknologi Bro

Blok situs menggunakan Web Proxy

Assalamualaikum wr.wb



A. Pembukaan
    Hai sobat jumpa lagi dengan saya Hestikawati, di blog kali ini saya akan menulis tentang cara memblokir situs menggunakan web proxy. Web proxy sendiri memiliki beberapa fungsi, salah satunya yaitu fungsi filtering. Fitur filtering Web Proxy ini dapat membatasi konten-konten tertentu yang di-request oleh client. Sobat dapat membatasi akses ke situs tertentu, ekstensi file tertentu, melakukan redirect (pengalihan) ke situs lain, maupun pembatasan terhadap metode akses HTTP. Hal tersebut tidak dapat Sobat lakukan jika hanya menggunakan NAT.

B. Latar Belakang
    MikroTik memiliki fitur Web proxy yang bisa digunakan sebagai proxy server nantinya akan menjadi perantara antara browser user dengan web server di internet. Terdapat beberapa amcam tipe proxy, diantaranya SSL Proxy, Web Proxy, Intercepting Proxy, Reserve Proxy, dll. Setiap tipe proxy memiliki fungsi masing-masing antara lain :
    - Menyembunyikan identitas asli/anonymizer
    - Browsing secara rahasia/bypass internet filtering/unblock site suatu hal yang wajar dan wajib dilakukan di internet.
    - Mengirim sesuatu secara rahasia

C. Maksud dan Tujuan
    Mampu mengkonfigurasi blok situs melalui web proxy.

D. Waktu
    08:00-16:00 WIB

E. Alat dan Bahan

    - Laptop
    - MikroTik
    - Akses Internet

F. Pembahasan
Langsung saja ya, untuk yang pertama silahkan kalian membuka winbox nya, pastikan ada koneksi ya, untuk bisa memblokir situsnya.

    1. IP --> Web Proxy --> General --> Centang Enable --> Centang On Disk --> Apply Access


    2. Setelah klik apply --> Access maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, isikan Dst. Host nya dengan alamat yang akan kita blokir --> Pilih Action nya deny


    3. Setelah selesai mengkonfigurasi nantinya akan muncul tampilan seperti dibawah ini


    4. Masuk lagi ke IP --> Firewall --> Nat --> Add --> General --> Chain : dstnat, Protocol : 6 (tcp), Dst. Port : 80 --> Action --> Redirect, To Port : 8080 --> Apply --> Ok



 
    5. Kita cek konfigurasi kita lewat browser atau chrome, jika hasilnya seperti dibawah ini maka konfigurasi anda berhasil


  G. Kesimpulan
    Jadi kesimpulannya Web Proxy ini bertujuan untuk memblokir website yang telah dikonfigurasi, menggunakan Proxy yang sering juga disebut sebagai Application Firewall, dan fungsi enable untuk mengaktifkan web proxy.

H. Referensi

    Modul MTCNA

I. Penutup
    Mungkin cukup sekian yang dapat saya tulis di blog kali ini, maaf jika masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun penjelasan, sampai jumpa di blog selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Blok situs menggunakan Web Proxy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel