Hari kedua Training MTCRE || MikroTik - Melek Teknologi Bro

Hari kedua Training MTCRE || MikroTik

assalamualaikum wr.wb



A. Pembukaan
     Hai sobat jumpa lagi di blog saya Hestikawati, kali ini saya akn menulis sedikit tentang pengalaman saya mengikuti training MikroTik di BLC Telkom. Langsung aja scrol kebawah.


B. Latar Belakang
     Ketika kita ingin melamar suatu perusahaan tersebut harus tau skill apa saja yang dimiliki oleh orang tersebut, nah salah satu cara membuktikannya adalah dengan menggunakan sertifikasi ini.

C. Tujuan
     Mengenal lebih jauh tentang MikroTik.

D. Alat dan Bahan
    - Leptop
    - MikroTik
    - Kabel UTP

E. Waktu
    08.00-22.00 WIB

F. Pembahasan

    MikroTik Certified Routing Engineer (MTCRE) adalah sebuah program sertifikasi dari MikroTik untuk teknisi pada tingkatan engineer-level. Sertifikasi ini membantu Network Engineer untuk memahami perencanaan dan implementasi routing menggunakan perangkat MikroTik. Tetapi untuk mengikuti tes MTCRE ini peserta harus sudah lulus ujian MTCNA.
    Hari ini Pak Ziad Sobri membawakan materi yang pertama VoIP ( Voice Over Internet Protocol). VoIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapn suara jarak jauh melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon biasa. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntunga  yang dapat diambil diantaranya adalah dari segi biaya jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global. Sehingga untuk hubungan internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat ditekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat ditambah, ditambah, dan diubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang sembarang ethernet dan IP Address, tidak seperti telepon konvensional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX (Private Branch Exchange).
    Nah, untuk materi selanjutnya yaitu tentang Tunnel EoIP. Tunnel Layer 2 MikroTik Proprietary (hanya bisa sesama perangkat menggunakan RouterOS) bisa di bridge dan juga bisa melewatkan banyak service/protocol seperti DHCP, PPPoE, IPv4, IPv6, BGP, dll. Mengunakan Protocol ini masih tidak aman kita juga harus menggunakan kombinasi dengan protocol/tunnel lain misal EoIP dan Ipsec, EoIP over PPTP, SSTP, L2TP. Kegunaan EoIP ini terutama untuk menghubungkan dengan network yang etrpisah lokasinya melslui infrastruktur pihak ketiga (mis internet) sehingga menjadi satu broadcast doamin ( Satu subnet yang sama). Kegunaan yang kedua untuk solusi memecahkan masalah-masalah dalam jaringan, karena bisa melewatkanberbagai service dan protocol.   


G. Kesimpulan
    Dengan menggunakan VoIP Masyarakat dapat melakukan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet.

H. Referensi
     - Pak Ziad Sobri
     - Modul MTCRE

I. Penutup

Mungkin cukup sekian yang dapat saya tulis di blog kali ini maaf jika masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun pembahasan, sampai jumpa di blog selanjutnya.


Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Hari kedua Training MTCRE || MikroTik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel