Blok Situs menggunakan Firewall Forward - Melek Teknologi Bro

Blok Situs menggunakan Firewall Forward

Assalamualaikum wr.wb



A. Pembukaan
    Hai sobat jumpa lagi dengan saya Hestikawati, di blog ini saya akan menulis tentang Blok situs menggunakan Firewall Forward di firewall forward ini menentukan website apa saja yang dapat di akses oleh client. Nah di blog kali ini saya akan membahas cara memblok situs menggunakan Firewall Forward.

B. Latar Belakang

    Dijaman ini banyak situs-situs yang tidak enak dilihat maka dari itu fungsi dari blok firewall forward adalah memblok situs yang berbahaya.

C. Maksud dan Tujuan

    Untuk mengetahui bagaimana cara memblok situs.

D. Waktu
    08.00-16.00 WIB

E. Alat dan Bahan

    - Leptop
    - MikroTik
    - Access Internet

F. Pembahasan

    Langsung saja dikonfigurasinya ya, yang pertama harus dilakukan adalah kita mencari alamat IP website yang akan di blog dengan cara menggunakan nslookup di terminal seperti dibawah ini. Misal ini saya memblok situs smkn1kismantoro.sch.id entah mengapa saya memilih alamat ini padahal ini adalah sekolah saya :v.



    Selanjutnya kita buka menu firewall, dengan cara klik IP --> Firewall --> Rules --> Add 

    Kemudian kita buat rule forward nya, masukan IP Address target di bagian dst-address.



    Pastikan ada access internet.



  
    Kemudian setelah selesai memberikan konfigurasinya cek alamat di mozilla atau di chrome dengan mengetikan alamat target. Dengan demikian maka alamat smkn1kismantoro.sch.id tidak bisa dibuka.



    Nah sudah selesai cara memblok situsnya, mudah kan dengan rule ini kita juga bisa memblok situs yang tidak baik.

G. Kesimpulan
    Dengan menggunakan Firewall Forward ini kita bisa memblok situs-situs yang tidak baik, di Firewall forward ini juga bisa menentukan website apa saja yang dapat dinikmati oleh client.

H. Referensi

    - Modul MTCNA

I. Penutup
    Mungkincukup sekian yang dapat saya tulis di blog maaf jika masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun penjelasan sampai jumpa di blog selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Blok Situs menggunakan Firewall Forward"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel