Mengakses RouterBoard - Melek Teknologi Bro

Mengakses RouterBoard

Assalamualaikum wr.wb

A. Pembukaan
    Hai sobat jumpa lagi di blog saya Hestikawati, kali ini saya akan menulis di blog tentang mengakses routerBoard. Untuk sebagian orang ynag baru kenal dengan mikrotik mungkin hanya tau cara meremote routerboadr menggunakan winbox, tetapi sebenarnya banyak cara untuk meremote routerboard tersebut.

B. Latar Belakang
    Remote Routerboard ini dilakukan banyak cara seghingga semisal kita tidak bisa mengakses routerboard kita melalui winbox maka kita akan mengakses routerboard menggunkan cara yang lain semisal webfig.

C. Maksud dan Tujuan
    Untuk mengetahui macam-macam remot routerboard dan cara mengaksesnya.

D. Waktu
    08.00-16.00 WIB

E. Alat dan Bahan
    - Leptop
    - MikroTik
    - Accsess internet

F. Pembahasan
   
    1. Webfig
        Yang pertama adalah dengan munggunakan webfig atau web configration, webfig ini berjalan di port 80. Jadi dengan menggunakan fitur ini kita bisa meremote melalui Web Browser seperti Mozilla atau Chrome. Untuk meremote nya cukup mudah tinggal masukan saja IP dari Routerboard di web browser.



        Kemudian silahkan login dengan menggunkan User Admin dan Password dikosongkan. Didalam Webfig kita juga bisa mendownload aplikasi Winbox, dengan klik Icon Winbox.

    2. Winbox
        Untuk pengguna mikrotik mungkin sudah tidak asing lagi dengan software bawaan mikrotik ini. Winbox ini berjalan di port 8291. Untuk mendapatkan WinBox kita bisa download di WebFig yang sebelumnya dibahas atau bisa juga dengan mendownload di situs resmi Mikrotik yaitu di www.Mikrotik.com/download. Untuk awal mremote disarankan meremote menggunakan MAC Address, karena jika meremote menggunakan IP kemudian kita melakukan konfigurasi IP Address maka secara otomatis Router akan disconnect dari leptop. Berikut adalah tampilan menggunakan WinBox.



    3. Telnet
        yang ketiga ada Telnet, telnet itu sendiri kepanjangan dari Telekomunikasi Network, telnet ini berbasis text dan berjalan di port 23. Untuk menjalankan telnet di linux kita buka terminal dengan cara Ctrl+Alt+T. jika sudah ketikan perintah ping (IP MikroTik) jika sudah maka tampilannya akan seperti dibawh ini.




    4. SSH
        Untuk yang ke 4 ini kita akan membuka routerboard denganmenggunakan SSH atau Secure Shell. SSH ini merupakan aplikasi remote login hampir sama seperti telnet, cuma ssh ini lebih aman karena adanya proses enkripsi data. Untuk menggunakan SSH kita menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Putty. Pertama buka Puttynya kemudian masukan IP Router dan klik bagian SSH dan pilih portnya sesuai port SSH yaitu port 22.



        Kemudian inilah tampilan dari SSH, sebenarnya gak beda jauh malah bisa dibilang mirip dengan meremote lewat Telnet.



G. Kesimpulan
    Jadi kesimpulannya untuk mengakses Routerbard tidak hanya menggunakan Winbox saja melainkan ada beberapa cara seperti Webfig, Telnet, SSH.

H. Referensi
 - Modul MTCNA

I. Penutup
    Mungkin cukup sekian dulu yang dapat saya tulis di blog maaf jika masih banyak kesalahn dan kekurangan dalam penuisan dan penjelasan. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Mengakses RouterBoard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel