Cara Redirect login hotspot MikroTik ke Web atau Blog - Melek Teknologi Bro

Cara Redirect login hotspot MikroTik ke Web atau Blog

Assalamualaikum wr.wb

A. Pembukaan
    Hai sobat jumpa lagi dengan saya Hestikawati, di blog kali ini saya akan menulis tentang cara meredirect login hotspot ke suatu web atau ke suatu blog. Hotspot sendiri merupakan gabungan daei beberapa tipe jaringan menjadi satu kesatuan, tidak harus menyediakan hanya satu tipe saja.

B. Latar Belakang
    Saat ini hotspot semakin banyak tersedia ditempat umum, tetapi setiap kali melakukan sambungan pada suatu Hotspot sebenarnya membahayakan, karena hotspot sendiri merupakan jaringan terbuka ynag tidak terenkripsi. Maka dari itu selagi ada alat yang bisa digunakan untuk hotspot maka gunakanlah sehingga tidak membahayakan.

C. Maksud dan Tujuan
    Untuk mengetahui bagaimana cara meredirect suatu hotspot ke alamat web atau blog. Dan memberi tahu pembaca cara mengkonfigurasikannya.

D. Waktu
    08.00 - 16.00 WIB

E. Alat dan Bahan
    - Laptop
    - Mikrotik
    - Akses Internet
    - Templete Hotspot
    - Kabel UTP

F. Pembahasan
    Pada saat mau mengkonfigurasikan pastikan sudah membuat hotspot terlebih dahulu dan suda bisa untuk mengakses ke internet. Nah Kalau sudah di konfigurasikan hotspotnya selanjutnya konfigurasikan Templete hotspot yang semula sudah mendownload di google. Edit templete hotspotnya menggunakan Sublime, sebenarnya tidak harus menggunakan sublime pun bisa, menggunakan text editor juga bisa, namun disini saya menggunakan Sublime untuk mempermudahnya. Pertama Extrak dahulu templete hotspotnya, selanjutnya buka alogin html, kalau sudah dibuka cari kata "endif" kalau cari satu persatu pasti bakal kesusahan maka carinya dengan cara ctrl+f dan ketikan kata "endif", setelah berhasil menemukan kata endif masukan alamat url yang akan diredirect seperti gambar berikut ini.



    Nah kalau sudah jangan lupa coppy kan file yang sudah di edit htmlnya tadi



    Masuk ke WinBox --> File --> Paste

 

    Maka hasil coppy pastenya akan seperti berikut ini



    Selanjutnya masuk ke Menu IP --> Hotspot --> Server Profiles --> Pilih hosprof1 yang sudah dibuat sebelumnya --> HTML Directory --> Pilih Templete yang sudah dikonfigurasikan tadi



    Tes apakah konfigurasi redirectnya berhasil



    Jika berhasil maka ketika kita login ke hotspot kita langsung diarahkan ke alamat yang sudah di masukan di alogin tadi



    Sampai disini konfigurasi redirect sudah selesai, sangat mudah bukan:).

G. Kesimpulan
    Jadi kesimpulannya setelah kita mengubah alogin html disuatu templete hotspot maka kita akan bisa meredirect ke suatu web atau blog. Sesuai dengan cara diatas maka kita akan mencoba login menggunakan hotspot yang sudah dibuat dan ternyata setelah kita login maka selanjutnya kita akan diarahkan ke suatu web atau blog.

H. Referensi
    - Teman-teman BLC
    - Dan juga referensi dari blog http://verisundajar22.blogspot.com/ teman satu angkatan.

I. Penutup
    Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan di blog kali ini maaf jika masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun penjelasan. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Cara Redirect login hotspot MikroTik ke Web atau Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel