Konfigurasi IPIP pada 2 MikroTik - Melek Teknologi Bro

Konfigurasi IPIP pada 2 MikroTik

Assalamualaikum wr.wb



A. Pembukaan
    Hai sobat jumpa lagi dengan saya Hestikawati, di blog kali ini saya akan menulis di blog tentang cara konfigurasi IPIP pada Mikrotik. Sebelumnya saya akan menjelskan tentang apa itu IPIP, Nah IPIP Tunneling adalah protokol sederhana untuk mengenkapsulasi paket IP kedalam IP untuk membuat tunnel pada kedua router. Biasanya pada suatu perusahaan menginginkan koneksi internet antara kantor pusat dan kantor cabang karena pada saat itu dapat melakukan sharing data yang mana PC pada kantor pusat dan PC kantor cabang dapat terkoneksi dengan internet.

B. Latar Belakang
    Salah satu alternatif tunnel selain menggunakan EoIP adalah dengan menggunakan IPIP. Implementasi IPIP di mikrotik berdasarkan RFC2003. Protokol IPIP bekerja dengan mengenkapsulasi paket data dari satu IP ke IP lain untuk membentuk network tunnel. Berbeda dengan EoIP yang hanya bisa digunakan untuk router yang sama-sama MikroTik, IPIP dapat berjalan hampir di semua jenis router selama router tersebut mendukung protokol IPIP. Akan tetapi, IPIP tidak dapat di bridge sehingga jaringan lokal dibawa router Head Office dan Branch Office dengan catatan harus menggunakan segmen IP Address yang berbeda.

C. Maksud dan Tujuan
    Untuk mengetahui pembaca cara mengkonfigurasi IPIP Tunnel pada MikroTik, dan tentunya saya sendiri untuk memperdalam ilmu tentang Tunneling.

D. Waktu
    08.00 - 16.00 WIB

E. Alat dan Bahan
    - Laptop
    - MikroTik
    - Kabel UTP
    - Akses Internet

F. Pembahasan
    Langsung saja ya untuk konfigurasinya, sebelumnya jangan lupa membuat konsepnya terlebih dahulu disini saya membuat konsep seperti dibawah ini.



    Disini kita akan mengkonfigurasi 2 RouterOS nah untuk yang RB1 kita konfigurasikan dengan cara masuk ke menu Interfaces --> Interface --> Add --> IP Tunnel



    Nah kalau sudah ditambah nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini, Isikan nama, Local Address dan Remote Address nya --> Apply --> Ok


    Jangan lupa kita membuat IP Address nya di ipip-tunnel nya, kita masuk di menu IP --> Address --> Add



    Isikan IP sesuai dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya --> Apply --> Ok



    Kita buat juga IP Route nya, masuk ke IP --> Routes --> Add --> Isikan seperti dibawah ini --> Apply --> Ok



    Nah kalau sudah konfigurasinya di RB1 selanjutnya kita akan mengkonfigurasikan di RB2 caranya sama seperti kita mengkonfigurasikan di RB1. Cara nya kita masuk di menu Interfaces --> Interface --> Add --> IP Tunnel 



    Berikan Nama, Local Address dan Remote Address nya lalu klik Apply --> Ok



    Ouh ya jangan lupa kita membuat IP Address di ipip-tunnel nya caranya seperti sebelumnya IP --> Addresess--> masukan IP sesuai konsep yang sudah dibuat --> Apply --> Ok



    Nanti hasilnya akan seperti dibawah ini



    Kalau sudah selesai mengkonfigurasi IP Address nya selanjutnya kita konfigurasikan Static Route nya seperti di RB1,




    Nah Kalau semuanya sudah kita cek hasilnya di route nya jika ipip-tunnelnya ada tulisan AS maka konfigurasinya berhasil



    Jangan lupa Tes ping nya, jika hasilnya Repply maka konfigurasinya berhasil




    Sampai disini konfigurasi IPIP sudah selesai dan berhasil.

G. Kesimpulan
    Jadi kesimpulannya adalah protokol IPIP bekerja dengan mengenkapsulasi paket data dari satu IP ke IP lain untuk membentuk network tunnel. Berbeda dengan EoIP yang bisa digunakan untuk sama-sama router.

H. Referensi

I. Penutup
    Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan di blog kali ini maaf jika masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun penjelasan. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Konfigurasi IPIP pada 2 MikroTik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel