Edukasi Guru TK - Melek Teknologi Bro

Edukasi Guru TK

Assalamualaikum wr.wb



A. Pembukaan
    Hai sobat jumpa lagi dengan saya Hestikawati, di blog kali ini saya akan menulis di blog tentang kegiatan saya hari ini. Nah, di hari ini saya dan teman-teman perempuan di blc tengah mengajari ibu-ibu TK. Jadi disetiap hari Selasa dan Kamis kami anak perempuan mengajari ibu-ibu TK. Nah di hari ini saya bertugas untuk menyampaikan materi di depan saya membawakan materi tentang rumus-rumus di Ms.Exel, disini saya memberikan bahan ajar tentang rumus menjumlah, mengurangi, membagi, dan ada juga tambahan pengelompokan kata yang sama.

B. Latar Belakang
    Dimeraknya perkembangan jaman ibu-ibu jaman now tentu harus mengetahui tentang dunia IT, dijaman sekarang ibu-ibu juga tidak mau ketinggalan seperti anak muda pengennya ibu-ibu sekarang bisa seperti anak jaman sekarang yang mengetahui dunia IT.

C. Maksud dan Tujuan
    Untuk memberikan materi kepada ibu-ibu TK agar mereka juga bisa memadai di jaman sekarang yang serba IT ini.

D. Waktu
    08.00 - 16.00 WIB

E. Alat dan Bahan
    - Laptop
    - Bahan Ajar
    - Proyektor

F. Pembahasan
    Dari banyaknya rumus yang ada di Ms.Exel, saya memberikan materi dasarnya terlebih dahulu seperti, Average, Sum, Max, Min, Count, Logika IF. Yang nanti akan saya jelaskan satu persatu. Langsung saja ya.

    1. Average
        Pada Exel terdapat rumus average, rumus ini berfungsi untuk mendapatkan nilai rata-rata yang dihasilkan dari kumpulan data yang dibuat. Untuk menggunakannya, kita menggunakan rumus dengan cara "=AVERAGE(b2:be)" dan diakhiri dengan menekan tombol enter, maka anda akan mendapatkan hasilnya seperti pada gambar berikut.



    2. Sum
        Rumus SUM pad Ms.Exel dipakai untuk menjumlah sekumpulan data di dalam sebuah kumpulan data. Untuk penulisannya yaitu "=SUM(number1, Number2, dan seterusnya)" untuk number1, number2 dan seterusnya ini merupakan range data yang akan dijumlah. Misalnya, saat anda akan menjumlahkan kolom b2-b8 dan c2 hingga c8, maka penulisannya yaitu =SUM(B2:B8,C2:C8). Seperti gambar berikut.



    3. Max
        Rumus MAX pada Ms.Exel digunakan untuk mencari niali paling tinggi dari suatu kumpulan data. Untuk menggunakannya dituliskan dengan cara "=MAX(number1, number2, dan seterusnya)" Number 1,2, dst ini merupakan range data yang akan dicari nilai tertingginya. Untuk mencari nilai tertinggi pada data yang dituliskan pada kolom D4 sampai D11, maka penulisan rumusnya adalah sebagai berikut:
        =MAX(D4:D11) yang kemudian ditekan enter untuk mendapatkan hasilnya.



    4. MIN
        Selain rumus MAX, di dalam ms.Exel juga terdapat rumus MIN yang fungsinya untuk mencari nilai terendah kebalikan dari MAX. Untuk mencari nilai terendah di dalam sekumpulan data numerik pada sheet Exel. Penulisannya yaitu "=MIN(A2:A6)" kemudian tekan enter maka akan muncul hasil terendah.



    5. COUNT
        Untuk rumus Count berfungsi untuk menghitung jumlah data dalam suatu kumpulan yang dipilih. Bentuk umum menuliskan rumus count ini adalah =COUNT(number1, number2, dst) number1,2,dan dst ini adalah kumpulan data yang akan dihitung berapa jumlah datanya.



    6. Logika IF
        Pada Exel terdapat suatu rumus yaitu logika if, dimana rumus tersebut akan digunakan jika data yang akan dimasukan memiliki suatu kondisi tertentu. Seperti misalnya pada data A1=1, akan didapatkan hasil2, bila itu tidak didapatkan hasil yang demikian, maka nilainya adalah 0. Untuk fungsi ini biasa akan dibantu oleh pembanding seperti lambang fungsi =,<,>,=>,<=. Sedangkan untuk penulisannya yaitu "=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false). Pada rumus tersebut bisa diartikan bahwa ekspresi dari logika tersebut bernilai benar. Untuk itu perintahnya pada value_if_true akan dijalankan. Apabila salah, maka perintah value_if_false maka akan dijalankan juga. Bisa dilihat seperti contoh berikut ini.



    Dari rumus tersebut data yang disajikan bertipe teks atau alpha numerik, sehingga harus diberi tanda kutip dua, berbeda jika datanya adalah numerik, maka tidak diperkenakan menggunakan tanda kutip dua.

G. Kesimpulan
    Nah kesimpulannya adalah didalam ms.Exel ini terdapat beberapa rumus untuk mempermudahkan kita dalam mengerjakan suatu data yang berhubungan dengan angka dan huruf pada suatu dokumen.

H. Referensi
    - Modul Pdf

I. Penutup
    Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan di blog kali ini, maaf jika masih banyak kesalahan dan kekurangan dalam penulisan maupun penjelasan materi. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Edukasi Guru TK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel