Macam-Macam Mode Wireless - Melek Teknologi Bro

Macam-Macam Mode Wireless

Macam-Macam Mode Wireless

 



Selamat pagi semuanya,Kembali lagi dengan saya Hestikawati.Pada kesempatan kali ini saya akan membagi sedikit ilmu tentang mode wireless di mikrotik.

A. Pengertian

Wireless adalah media yang digunakan untuk mentransmisi data tanpa kabel akan tetapi dengan menggunakan frekunsi sebagai media rambatnya.

B. Latar Belakang

Banyak yang belum mengetahui dengan pasti apa mode-mode yang ada pada wireless.Dan kebanyakan masih banyak yang salah.Maka dari itu saya akan membahasmateri ini

C. Maksud dan Tujuan
· Dengan perangkat mikrotik ini dapat digunakan sesuai kebutuhan.
· Memberikan sedikit pengetahuan tentang mode wireless

D. Alat dan Bahan

- PC/Laptop

E. Materi

salah satu media atau interface yang terdapat dimikrotik dan digunakan untuk menghubungkan perangkat network yang satu dengan yang lain diantaranya adalah wireless,berikut adalah beberapa perbedaan mode wireless di mikrotik

1. Mode Alignment only
digunakan untuk membantu pada saat pointing dengan indikator beeper / buzzer pada routerboard,seperti disaat mendapatkan sinyal bagus beeper akan berbunyi dengan otomatis dengan menambakan script.

2.Mode AP-Bridge
untuk mode ini sering kita gunakan karena pada mode AP-Bridge ini digunakan untuk pemancar agar client yang berada dibawahnya bisa terkoneksi ke jaringan tersebut.

3. Mode Station
pada mode ini sering kita sebut dengan client,karena mode ini digunakan untuk penerima dari mode AP-Bridge(pemancar),dapat dikatakan sebagai penguat sinyal karena jarak yang jauh.

4. Mode Station-Bridge
 pada mode ini hampir sama dengan mode diatas,yaitu mode Station,dimana mode tersebut bertindak sebagai client atau memperkuat sinyal dan sekaligus membridge network,perlu diingat perangkat ap-bridgenya harus mikrotik juga.

5. Mode Station-Psudobridge
mode station-psudobridge merupakan pengembangan dari mode station standar.sama-sama menjadikan wireless sebagai client. perbedaannya adalah pada Mode Station-Pseudobridge support untuk membuat network yang sifatnya Bridge Network, Di dalam penggunaan mode ini terdapat konsekuensi dimana untuk bridging pada L2 tidak bisa dilakukan secara penuh, dalam artian mac-address sebuah perangkat yang berada di bawah perangkat wireless (PC end user) tidak terbaca pada sisi Access Point.

6. Mode Station-psudobridge-clone
hampir sama dengan mode station-psudobrige,perbedaannya pada mode ini bisa melakukan cloning mac address dari perangkat yang terhubung ke station(end user).

7. Mode Station-WDS  
Mode Station-WDS berfungsi sebagai penerima/client dari sebuah Access Point yang mengaktifkan protocol WDS, Kekurangan protokol WDS adalah penurunan throughput wireless hingga 50%, perlu diketahui bahwa antara vendor yang satu dengan vendor yang lain fungsi WDS belum tentu compatible, begitu juga dengan WDS pada mikrotik.

8.Mode WDS-Slave
Mode WDS-Slave ini berfungsi sebagai pemancar (Access Point) sekaligus sebagai penerima (Station) atau disebut juga dengan repeater, Mode ini merupakan salah satu solusi apabila ingin membangun sebuah repeater tetapi perangkat yang dimiliki hanya menggunakan 1 card wireless card. 

9. Mode Bridge
Mode bridge digunakan sebagai Access point atau pemancar akan tetapi hanya bisa melayani  satu client atau disebut juga dengan PTP (Point To Point), mode ini juga bisa kita gunakan untuk network yang sifatnya Routing ataupun Bridging. Untuk menggunakan mode ini perangkat Routerboard  minimal memiliki lisensi level 3, sebagai contoh untuk type produk Embedded 5.xGHz jenis SXT-5HnD yang hanya memiliki license level 3, kita bisa membuat koneksi point to point dengan menggunakan 2 buah perangkat tersebut.

10. Mode NStreme Dual Slave
Pada dasarnya mekanisme kerja pada interface wireless adalah half duplex, akan tetapi dengan menggunakan mode ini kita dapat mengaktifkan mekanisme kerja full duplex, mode ini  merupakan proprietary didalam wireless mikrotik, tentunya kita juga membutuhkan 2 wireless card dan 2 antenna pada masing-masing wreless router mikrotik.

F. Kesimpulan

dengan berbagai macam mode wireless,dapat mempermudah dalam kebutuhan,misal pada mode station dapat mendapatkan sinyal yang bagus walaupun jarak dari AP jauh.

G. Referensi
http://mikrotik.co.id/ H.Penutup 
Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf dan Terimakasih telah membaca artikel diatas,semoga bermanfaat

Wassalamualaikum Wr Wb

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Mode Wireless"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel