Konfigurasi OSPF pada 2 Router MikroTik - Melek Teknologi Bro

Konfigurasi OSPF pada 2 Router MikroTik

Assalamualaikum wr.wb



A. Pembukaan
    Hai sobat jumpa lagi dengan saya Hestikawati, di blog kali ini saya akan membahas tentang konfigurasi OSPF pada Mikrotik. OSPF (Open Shortest Path First) adalah sebuah protokol routing otomatis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga, mengatur dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan jaringan secara dinamis. Pada OSPF dieknal dengan Autonomus System (AS) yaitu sebuah gabungan dari beberapa jaringan yang sifatnya routing dan memiliki kesamaan metode serta policy pengaturan network, yang semuanya dapat dikendalikan oleh network administrator.

B. Latar Belakang
    OSPF merupakan protokol routing yang menggunakan konsep hirarki routing, dengan kata lain OSPF mampu membagi-bagi jaringan menjadi beberapa tingkatan. Tingkatan-tingkatan ini diwujudkan dengan menggunakan sistem pengelompokan yaitu area. Latar belakang dalam mengerjakan routing OSPF ini adalah karena Routing OSPF ini merupakan routing Dinamis, disini terdapat maksud untuk memberikan gambaran bagaimana routing dinamic OSPF pada MikroTik itu bekerja serta dalam konfigurasinya akan menunjukan bagaimana perbedaan dengan routing static pada mikrotik.

C. Maksud dan Tujuan
    Tujuan dalam routing OSPF ini adalah untuk menghubungkan jaringan yang berbeda tetapi masih dalam satu AS (Autonomous System) sehingga masing-masing dari jaringan tersebut masih memiliki hak untuk berkomunikasi dan mendapatkan informasi dari jaringan yang lainnya. Dengan protokol OSPF yang bersifat hirarki routing sangatlah cocok jika diterapkan dalam skala besar.

D. Waktu
    08:00 - 16:00 WIB

E. Alat dan Bahan
    - Laptop
    - Mikrotik RouterOS
    - Akses Internet

F. Pembahasan
    Langsung saja ya sobat, sebelum kita kekonfigurasinya kita buat dulu topologinya atau konsepnya, nah disini saya menggunakan konsep seperti yang dibawah ini.
1. Untuk konfigurasi yang pertama kita masuk ke IP --> Addresses --> Add

Konfigurasi pada R1

Konfigurasi pada R2

2. Pada router R1 kita masuk Routing --> OSPF
3. Instances --> Add --> isikan seperti dibawah ini --> Apply --> ok (Konfigurasi Pada R1)

Lihat hasil instancesnya.


4. Setelah selesai konfigurasi instance nya kita masuk ke Network --> Add --> Apply --> Ok (Konfigurasi pada R1)


Setelah selesai maka hasilnya akan seperti dibawah ini

5. Selanjunya kita lihat IP Route nya jika berhasil maka akan muncul DAo, masuk ke IP --> Route (Konfigurasi R1)


6. Selanjutnya kita setting pada R2, nah tadi kan sudah kita setting alamat IP nya selanjunya kita masuk ke Routing --> OSPF --> Instances --> isikan seperti dibawah ini --> Apply --> Ok


 7. Selanjunya kita buat alamat network di OSPF nya, caranya masuk Routing --> OSPF --> Network --> Beri Alamat IP Network Laptop --> Apply --> Ok


Maka hasilnya akan seperti dibawah ini


Kita lihat hasinya di Interfaces


Kita lihat juga IP Route-nya jika berhasil maka akan muncul tulisan DAo





8. Lakukan Tes Ping antar Router maka harusnya hasilnya Replly

 Tes Ping R1

 Tes Ping R1
Tes Ping R2

Tes Ping R2

Sampai disini konfigurasinya selesai dan dinyatakan berhasil :v.


G. Kesimpulan
    Jadi kesimpulannya dari konfigurasi OSPF dinamic ini merupakan sebuah solusi dari static routing dimana jika jumlah router yang terdapat dalam jaringan tersebut sudah banyak atau bahkan sangat banyak dan hampir mustahil untuk dibuatkan static routing satu per satu di masing-masing router maka solusinya adalah dengan membuat dynamic routing pada jaringan tersebut agar setiap client pada jaringan tersebut dapat berkomunikasi dengan client lain, dynamic routing memiliki kemampuan untuk menambahkan route otomatis ke dalam table routing dengan cara memeriksa dan mengecek router mana yang sudah menerapkan dynamic routing pada jaringan tersebut.

H. Referensi
    - eBook MTCNA

I. Penutup
    Mungkin cukup sekian yang dapat saya tulis di blog kali ini, maaf jika masih banyak kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan maupun penjelasan. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Konfigurasi OSPF pada 2 Router MikroTik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel