Membuat Voucer Massal tanpa mengunakan User Manager - Melek Teknologi Bro

Membuat Voucer Massal tanpa mengunakan User Manager

Assalamualaikum wr.wb



A. Pembukaan
    Hai sobat jumpa lagi dengan saya Hestikawati, di blog kali ini saya akan menulis tentang membuat voucer secara massal tanpa menggunakan User Manager. Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu user manager. User Manager ini merupakan web based dan terintegrasi dengan fitur radius yang ada di router mikrotik. Salah satu kelebihan dari sistem aplikasi ini adalah kita bisa men-generate voucher hostpot secara otomatis sesuai dengan data user yang ada pada list di User Manager. User Manager hanya ada di RB951 pada RB941 belum mendukung adanya Aplikasi User Manager. Nah kali ini yang mau saya bahas adalah cara membuat Voucer massal di RB941.

B. Latar Belakang
    Pada MikroTik RB941 belum mendukung adanya aplikasi User Manager, untuk mengatasi hal ini saya menggunkan Liber Calc sebagai gantinya. Liber Calc ini tentu membutuhkan bantuan dari aplikasi yang lain untuk dapat membuat Passwor massalnya. Saya menggunakan Generate Password and Number untuk membuatnya. Disini saya menggunkan Generate secara online di https://www.pwdgen.org/ nanti akan muncul tampilan untuk memilih jenis apa yang dipakai sebagai passwordnya misal memilih angka, huruf kecil, huruf besar, dll masih banyak lagi.

C. Maksud dan Tujuan
    Untuk mengetahui bagaimana cara membuat hotspot voucer massal tanpa menggunkan user manager di RB941.

D. Waktu
    08.00 - 16.00 WIB

E. Alat dan Bahan
    - Laptop
    - Mikrotik
    - Winbox
    - Liber Calc
    - Akses Internet
    - Kabel UTP dan RJ45

F. Pembahasan
    Langsung saja ya kita lakukan konfigurasinya. Sebelumnya pastikan mikrotik anda ada koneksi dan sudah membuat hostpot saya tidak akan menjelaskan lagi bagaimana cara membuat hostponya, saya akan langsung menjelaskan cara membuat vouchernya saja. Untuk langkah yang pertama kita buat dulu voucher hotspotnya di liber calc seperti gambar berikut.




    add disable=no name=    password=    limit-uptime=1d    server=hotspot

    Nah, kalau sudah beri nama sesuai kehendak kalian disini saya menggunakan nama saya dan jangan lupa diakhir nama diberi angka agar nanti ketika di copy atau ditarik namanya tidak sama. Kalau sudah diberi nama langsung saja masuk ke Generate passwor and number online nya di https://www.pwdgen.org/ nah kalau sudah coppy hasilnya di Liber Calc.







    Nah kalau sudah maka akan muncul seperti dibawah ini.




    Selanjutnya masuk di Winbox untuk mengkonfigurasikan vouchernya. Pertama kita buat dulu IP nya dengan masuk menu IP --> Addreses --> Add --> Apply --> OK



    Selanjutnya masuk ke IP --> Hotspot --> Masuk di menu Servers --> Hotspot Setup



    Di Hotspot Setup nanti akan muncul tulisan Select interface to run HotSpot on --> pilih ether2 --> Next


    Set Hotspot address for interface --> Isikan IP yang sudah dibuat tadi namun biasanya disini akan muncul otomatis --> Next


    Set pool for HotSpot addresses --> Next


    Select hotspot SSL certificate --> none --> Next


    Select SMTP server --> Disini saya tidak mengisi cukup diisi 0.0.0.0 saja --> Next




    Setup DNS configuration --> disini saya menggunakan DNS Google --> Next




    DNS name of local of local hotspot server -->
Namanya bebas disini saya menggunakan nama saya untuk login ke hotspot voucernya --> Next


    Hotspot Setup --> ok




    Nah kalau sudah selesai konfigurasinya nanti akan muncul tampilan seperti berikut ini




    Selanjutnya masuk ke terminal mikrotik untuk memasukan user yang sudah kita buat tadi di Liber Calc. Ketikan perintah ip hotspot user --> enter --> klik kanan paste



    Nah kalau sudah kita masuk di menu Hotspot pilih user dan lihat maka konfigurasi berhasil apabila sudah muncul usernya seperti gambar dibawah ini




    Nah kalau sudah kita cek apakah konfigurasi hotspot voucher kita berhasil. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti dbawah ini 






G. Kesimpulan
    Jadi kesimpulannya dalam pembuatan Voucher massal tidak harus menggunkan User Manager dan menggunkan RB951, di RB941 pun sudah bisa membuat voucher secara massal. Namun di RB941 ini kita juga membutuhkan bantuan Generate Password untuk bisa membuatnya. Nah disini sudah saya jelaskan cara membuatnya tinggal di ikuti langkah-langkanya.

H. Referensi

I. Penutup
    Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan di blog kali ini maaf jika masih banyak kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan maupun penjelasan. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Membuat Voucer Massal tanpa mengunakan User Manager"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel