Pengenalan terminal pada Environment Desktop - Melek Teknologi Bro

Pengenalan terminal pada Environment Desktop

Assalamualaikum wr.wb

A. Pembukaan
    Hai sobat jumpa lagi dengan saya Hestikawati di blog kali ini saya akan menulis artikel tentang perintah dasar di Linux. Linux sendiri merupakan sistem operasi berbasi UNIX yang dapat berjalan di berbagai macam perangkat keras seperti Intel x86, Alpha, bahkan PowerPC. Dikatakan berbasis UNIX karena Linux dikembangkan menurut standar yang dimiliki UNIX dan kemampuan yang sama dengan UNIX. Artinya Linux memiliki kemampuan baik sebagai server maupun workstation layaknya UNIX.

B. Latar Belakang
    Hal yang melatarbelakangi ini adalah pada awalnya Linux hanya berjalan di platfrom Intel x86 termasuk AMD Cyrix dan lainnya. Nmaun seiring dengan berkembangkanya jumlah pengguna Linux dan para pengembangnya maka sekarang linux telah berjalan pula pada Macintosh (Motorolla), Sun Spare, DEC Alpha, Amiga, StrongARM dan masih banyak lagi.

C. Maksud dan Tujuan

    Untuk mengetahui berbagai macam perintah dasar Linux.

D. Waktu
    08.00 - 16.00 WIB

E. Alat dan Bahan
    - Laptop
    - Akses Internet
    - Ebook Linux

F. Pembahasan
    Disini saya akan menjelaskan tentang pengenalan terminal linux antara lain :

    hesti@ASUS:~$

    Keterangan :
    hesti     --> nama user yang sedang aktif saat ini
    ASUS     --> nama komputer
    ~         --> direktori/folder yang sedang aktif, tanda ~ menujukkan bahwa anda sedang berada di direktori /home
    $         --> menunjukkan bahwa user yang sedang aktif adalah user biasa, tanda $ akan berubah menjadi # bila user yang aktif adalah root.

    Absolute Paths dan Relative Paths di linux dikenal istilah Absolute Paths dan Relative Paths. Keterangan mengenai istilah yang berhubungan dengan direktori ini adalah sebagai berikut.

    Absolute path berarti sebuah jalur dimulai dari root ( / )dan direktori yang berada dibawahnya.
    Contoh :
    /home/hesti/Documents

    Dibawah root ( / ) terdapat direktori yang bernama home , dibawahnya terdapat direktori hesti, dan dibawahnya terdapat direktori dokumen demikian seterusnya hingga sampai pada direktori yang dituju. Jadi saat direktori aktif anda adalah root ( / ) , untuk berpindah ke direktori Sertifikat , anda harus mengetikkan perintah cd /home/hesti/dokumen secara lengkap

G. Kesimpulan
    Jadi kesimpulannya adalah dalam Linux terdapat banyak perintah-perintah yang harus diketahui berbeda dengan Windows yang berbeda dengan Linux.

H. Referensi
    - PDF PERINTAH DASAR Linux Command Line in Indonesia.pdf

I. Penutup
    Mungkin cukup sekian yang dapat saya tulis di artikel kali ini, maaf jika masih banyak kesalahan dalam penjelasan maupun penulisan dalam artikel ini. Sampai jumpa di blog selanjutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Belum ada Komentar untuk "Pengenalan terminal pada Environment Desktop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel